Posted by : Unknown Minggu, 30 September 2012

kebanyakan dari kita tahu masakan korea dari drama yag kita tonton..... yappp .... ada beberapa makanan korea yang menjadi favorit...sudah banyak juga restauran di indonesia yang khusus menghidangkan makanan korea...
Langsung saja ke daftar makanan korea.......
1. kimchi

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-e9x130HC3bqFPKZLFuEGP89c-euI83y14WHt3dtK-4UUvylPXb-Y-fbJ7vTpgUOmMnY_1A8L0Lg9Em0mxos9QZldJ3vcQQpe0zmhHf9kYwU8fPzOQMprIMk4pxKsmPGSLBzvVBeza2A/s1600/kimchi.jpg

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti "sayuran yang direndam."

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

  2. Galbi

http://johnwillett.files.wordpress.com/2010/02/kalbi.jpg

galbi berarti iga (short ribs) atau daging yang ada di sekitar tulang iga. Terkadang, makanan ini juga bisa dibuat dengan memakai iga babi. Galbi bisa dibumbui atau dimasak tanpa bumbu. Bila dibumbui, biasanya daging iga direndam di dalam saus yang terbuat dari sari buah pir asia, arak beras, kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan gula. Saus ini bisa dibuat lebih pedas atau lebih jernih sesuai selera.
Ketika dipanggang, daging iga biasanya diiris sepanjang tulangnya. Hal ini supaya saus tadi bisa meresap ke dalam daging dengan lebih cepat, daging bisa matang lebih cepat, dan daging bisa lebih mudah dikonsumsi dengan sumpit setelah matang. Di Korea dan beberapa negara lainnya, daging iga untuk galbi yang sudah diiris telah tersedia di pasar swalayan dan toko daging.
Kalbi biasanya disajikan di rumah makan yang dikenal dengan nama galbijip (rumah galbi). Pengunjung memanggang sendiri daging galbi di atas pemanggang yang ada di masing-masing meja. Daging ini kemudian dibungkus dengan daun selada, daun perilla, atau daun sayur-sayuran lainnya. Sebelum dimakan, daging yang sudah dibungkus daun dicelupkan lebih dulu di dalam ssamjang, yakni saus yang terbuat dari campuran pasta kacang kedelai dan cabai merah.

3. BIBIMBAP

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRUsgJdbY25YWrUgSNiXXWGWM41Ry0E4DUu9LdWgghX88Nh_fBlvO4ahf1matvR9OE51NJk7aU3NKMrncttSFZAC9lbgIWjVbgX300abN8mh7yTlK0w_jMPij15yLnH72-HyNF6q9RP90/s1600/bibimbap.jpg

semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang.  Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.
Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap  "dolsot" berarti "mangkuk batu"). Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.

4. Bulgogi

http://kimchicrew.com/wp-content/uploads/2011/02/bulgogi-korean-bbq-recipe.jpg

Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus.
Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.

 5. BUDAE JJIGAE

http://www.seriouseats.com/images/potd-budaejjigae.jpg

daging kalengan dan ham dikombinasikan dengan kuah masakan Korea yang berbumbu gochujang yang pedas dan merebusnya dalam panci besar.Banyak restoran yang menyajikan hidangan ini dengan variasi-variasi baru dengan menambahkan bahan-bahan sayuran, jamur, mie instan ramyeon, tteok, kimchi, makaroni, keju dan sebagainya.

Leave a Reply

Teman-teman jangan lupa komentar, saran dan pendapatnya ya....

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © KoreAn News - Korea - Powered by Blogger - Designed by Sii-Ull -